Rule of Thirds, Aturan Komposisi dalam Fotografi yang Harus Dikuasai

Bila kita berbicara tentang komposisi dalam fotografi, maka istilah rule of thirds hampir tak pernah lepas darinya. Banyak fotografer profesional sepakat dengan pendapat yang mengatakan bahwa 90% foto yang mengikuti aturan komposisi rule of thirds adalah foto yang bagus. Tak heran jika hampir semua buku tentang fotografi yang menganggapnya sebagai aturan komposisi yang harus dikuasai.

Apa Itu Rule of Thirds dalam Fotografi?

Konsep dasar dari rule of thirds adalah membagi bidang foto menjadi 3 bagian sama besar, baik secara horizontal ataupun vertikal. Untuk membagi 3 bagian sama besar tersebut kita bisa membayangkan ada 2 buah garis horizontal dan 2 buah garis vertikal (selain garis tepi). Dengan demikian kita akan mendapatkan 9 kotak kecil sama besar. Agar lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah.

Garis Bantu untuk Aturan Komposisi Rule of Thirds
Rule of Thirds

Seperti yang terlihat pada gambar, terdapat 4 titik potong dari garis-garis yang membagi bidang. Pada gambar di atas, titik potong tersebut ditandai dengan titik berwarna merah. Konsep dasar dari aturan komposisi rule of thirds adalah menempatkan point of interest suatu foto pada salah satu titik potong tersebut. Point of interest itu sendiri merupakan bagian yang paling menarik dari foto kita, biasanya adalah objek utama ataupun tempat titik fokus kamera.

Contoh Penerapan Komposisi Rule of Thirds


Agar lebih jelasnya, kami akan menunjukkan contoh foto-foto yang menggunakan aturan komposisi ini. Sumber gambar diambil dari Google.

Contoh Foto yang menerapkan Rule of Thirds

Contoh Foto Kedua yang menerapkan Rule of Thirds

Contoh Foto Ketiga yang menggunakan Rule of Thirds


Tidak sulit untuk menerapkan aturan ini. Dan memang sangat banyak foto-foto bagus yang dihasilkan dengan menerapkan aturan ini. Wajar rasanya jika rule of thirds dianggap sebagai aturan komposisi dalam fotografi yang harus dikuasai oleh fotografer manapun. Setelah menguasainya, kita juga perlu mengetahui elemen komposisi dalam fotografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar