4 Elemen Komposisi dalam Fotografi

Komposisi dalam fotografi dapat diartikan sebagai seni untuk memasukan elemen visual ke dalam foto yang kita buat. Karena itu lah kita sebaiknya belajar untuk memanfaatkan setiap elemen komposisi sebaik mungkin. Namun apa saja kah yang merupakan elemen-elemen komposisi tersebut? Mari kita bahas satu persatu.

Garis

Alur garis dalam sebuah foto biasanya digunakan untuk mengarahkan pandangan mata kita ke bagian utama dari komposisi foto tersebut. Alur garis juga memiliki berbagai macam bentuk mulai dari horizontal, vertikal, diagonal, hingga melengkung. Masing-masing alur garis tersebut memberikan karakter yang berbeda-beda. Garis horizontal misalnya, akan memberikan kesan yang menenangkan seperti misalnya garis pemisah antara laut dan langit pada foto pantai. Sedangkan kesan yang kuat dan kokoh bisa diciptakan dengan alur garis vertikal. Misalnya pada foto gedung pencakar langit.

Elemen Garis dalam Fotografi
Contoh penggunaan elemen garis diagonal

Pola Berulang (Pattern)


Elemen komposisi yang kedua adalah pola atau pattern. Biasanya pola yang menarik adalah yang memiliki repetisi atau berulang. Terkadang kita bisa juga menambahkan elemen lain ke dalam pola tersebut untuk menghindari komposisi yang monoton. Misalnya seperti foto wanita yang berada ditengah pola kursi penonton di bawah ini.


Bingkai (Natural Frame)


Kita bisa membuat komposisi foto menjadi lebih kuat dengan menjadikan objek lain di sekitar objek utama sebagai bingkai. Biasanya objek yang cocok digunakan sebagai bingkai adalah batang pohon, lorong, pintu, jendela, ataupun pagar. Foto di bawah adalah contoh foto yang menambahkan bingkai pada komposisinya.



Negative Space

Negative space atau ruang kosong berguna untuk mengarahkan fokus pandangan mata ke arah objek yang menjadi point of interest. Misalnya saja foto di bawah, dimana gambar air yang berperan sebagai ruang kosong seolah mampu mengarahkan fokus kita ke perahu kuning.




Itu lah 4 elemen komposisi dalam fotografi yang bisa kita manfaatkan untuk menciptakan foto yang bagus. Selain keempat elemen yang sudah disebutkan di atas tentu masih ada banyak lagi elemen komposisi yang lainnya. Oiya, pastikan juga Anda sudah memahami aturan komposisi rule of thirds, kami sudah pernah membahas hal tersebut sebelumnya.



2 komentar:

  1. Iron and titanium rod - Titanium Rogers | TITEN ART
    Iron micro touch hair trimmer and titanium rods are made of graphite. These rods titanium bar come with different sizes to fit mens titanium earrings in and out of a standard range. This is the aftershokz trekz titanium type of rod you  Rating: titanium ore 4.6 · ‎21 reviews · ‎$39.95 · ‎In stock

    BalasHapus