Apa Sih Exposure dalam Fotografi Itu?

Bila Anda ingin belajar fotografi sudah tentu harus memahami apa itu exposure. Definisi singkat exposure adalah banyaknya cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera (atau film pada kamera analog) saat kita sedang memotret. Exposure ini akan menentukan terang dan gelapnya foto yang kita dapatkan. Sekarang ini, mode otomatis yang ada di kamera digital biasanya sudah mampu mengatur exposure dengan baik. Namun demikian semua fotografer wajib mengetahui cara mengontrol exposure saat menggunakan kamera dalam mode manual. Tentu untuk melakukannya, kita perlu memperhatikan hal-hal yang mempengaruhi exposure ini.

Apa Saja yang Mempengaruhi Exposure?


Menurut wikipedia, setidaknya ada 7 hal yang mempengaruhi exposure dalam fotografi. Ketujuh hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Jenis dan intensitas cahaya di sekitar objek.
  2. Respon benda terhadap cahaya.
  3. Jarak kamera dengan benda.
  4. Shutter speed atau kecepatan rana.
  5. Aperture atau bukaan diafragma.
  6. Ukuran ISO atau ASA pada film yang digunakan.
  7. Penggunaan filter tertentu.
Dari ketujuh hal tersebut, ada tiga yang bisa kita lakukan pengaturannya langsung melalui kamera yaitu: shutter speed, aperture, dan ISO. Tiga hal tersebut juga dikenal dengan istilah segitiga exposure (exposure triangle).

Lantas, Mengapa Perlu Mengontrol Exposure?

Seperti yang sudah disinggung di awal, exposure ini menentukan terang gelapnya gambar yang kita dapatkan. Kita perlu mengontrol exposure agar mendapatkan foto yang tidak terlalu terang atau terlalu gelap.

exposure dalam fotografi
Foto dengan exposure yang pas


Apabila cahaya yang diterima sensor terlalu banyak, maka foto yang kita dapatkan akan terlalu terang. Kondisi foto yang terlalu terang ini disebut dengan istilah over exposure. Perhatikan contoh foto over exposure di bawah ini agar lebih jelasnya.

Contoh foto yang over exposure
Foto yang Over Exposure


Sebaliknya, apabila sensor kamera terlalu sedikit menerima cahaya maka foto yang kita dapatkan akan menjadi gelap. Kondisi foto yang terlalu gelap ini dikenal dengan istilah under exposure. Foto di bawah ini merupakan contoh foto yang under exposure.

Contoh foto yang unde exposure atau terlalu gelap
Foto yang Under Exposure


Sekarang, kita tentu sudah paham dan bisa menjawab pertanyaan apa itu exposure dalam fotografi. Pengetahuan tentang exposure ini memang merupakan dasar-dasar fotografi yang wajib kita ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar